Menu Sahur Tanpa Masak ala Anak Kos Dini Tell More: Menu Sahur Tanpa Masak ala Anak Kos

Selasa, 04 Oktober 2022

Menu Sahur Tanpa Masak ala Anak Kos


Bagi umat muslim, puasa merupakan salah satu Ibadah yang ada pada rukun Islam. Puasa sendiri ada yang wajib dan ada juga yang sunnah. Namun, gacuma umat muslim doang loh yang menerapkan puasa, dari berbagai agama maupun kepercayaan menerapkan puasa dengan ketentuannya masing-masing. Misalnya yang berpuasa dalam rangka diet, dengan ketentuan tertentu.


Dalam berbagai jenis diet, puasa merupakan hal yang baik dilakukan untuk pembakaran penyimpanan makanan dalam tubuh. Kalo dalam Islam, jujur, puasa memberikan energi yang positif, jadi lebih sabar, dan memperbaiki fungsi pencernaan (berdasarkan beberapa sumber dan apa yang aku rasain ya).


Sebagai anak kos, puasa memberikan manfaat dalam aspek ekonomi, alias jadi lebih hemat hehe..


Kenapa hemat?
karena  yang biasanya makan 3x sehari, dengan berpuasa, menjadi 2x sehari. Tidak hanya itu, menu sahur anak kos tentunya menu makanan dan minuman yang praktis, dan terkadang murah meriah (apalagi kalo lagi diet & untuk beberapa orang yang gabisa makan banyak di jam sahur).


Kali ini, aku mau kasih tau kalian menu sahur versi aku sebagai anak kos, yang tentunya gaperlu masak, ga ribet, dan masih sesuai di kantong.



Ini dia menu-menu sahur yang biasa aku makan, dengan catatan anak kosnya minimal punya ricecooker ya:


1. Roti
    Berbagai jenis roti dari mulai roti tawar, roti sobek maupun roti isi biasanya tahan 3-4 hari di suhu ruang, dan pas untuk menjadi pilihan menu sahurnya anak kos.

2. Minuman Instan
    Minuman instan yang dimaksud disini, tentu minuman yang bergizi ya, seperti susu instan bubuk, atau susu kaleng, dan minuman bernutrisi, seperti energen atau minuman dengan oats dan kandungan gizi lainnya.


3. Nasi Goreng atau Sate dan Lontong
    Nah kalo yang satu ini, bener-bener gampang untuk ditemui. Biasanya malem-malem lewat tuh di daerah anak kosan. Beli malemnya, pas sahur tinggal makan, atau yaa bisa dipanasin sebentar di ricecooker.


4. Nasi Bakar
    Nasi bakar termasuk menu praktis untuk sahur, karena udah satu paket nasi dan lauk di dalamnya. Ketahannya pun bisa bertahan seharian, untuk memanaskannya juga mudah, tinggal dimasukkan ke dalam ricecooker. Bau harum dari daun pisangnya pun bikin jadi pengen makan di jam sahur.


5. Pecel Lele
    Pecel lele termasuk makanan yang mengenyangkan dan harganya murah. Dan pasti ada disekitar anak kosan. Abis beli malemnya, tinggal taro di ricecooker aja. Beres deh.


6. Martabak
     Bisa martabak manis maupun martabak asin ya. Di dalamnya udah ada sayur dan juga protein hewaninya. Lumayan banget buat menu sahur, bikin kenyang dan rasanya enak. 


7. Roti Bakar
        Kalo roti bakar sebenernya masuk ke dalam kategori roti di nomor 1 tadi. Tapi kalo roti bakar, karena udah diolah lagi, jadi gabisa bertahan terlalu lama. Tapi kalo untuk jangka waktu semalam masih oke banget buat makan sahur.


8. Kurma
    Ini buah yang bikin kenyang sih untuk sebagian orang, makan tiga buah kurma aja udah berasa kenyang dan berenergi. Bisa disimpan di suhu ruang dalam waktu yang lama. Biasanya sahur yang kepepet imsak, atau masih ngantuk berat ya makan buah ini aja + air putih hehe


9. Warteg
Khusus di bulan Ramadhan, beberapa warteg buka di jam sahur ya. Sebuah kemudahan bagi anak kos yang anti mager keluar ke warteg pas sahur, karena gaperlu masak, gaperlu cuci piring, tinggal makan hehe..


Tapi....
Di minggu pertama dan minggu terakhir bulan puasa, kebanyakan warteg tutup karena pada pulang kampung.


Sekian dulu tulisannya, semoga bermanfaat yaa...

1 komentar:

Penghuni 60 mengatakan... Reply Comment

udh pasti nasgor kesukaanku

Posting Komentar