Tips Wisata / Berpergian ke Luar Negeri Dini Tell More: Tips Wisata / Berpergian ke Luar Negeri

Senin, 21 Maret 2016

Tips Wisata / Berpergian ke Luar Negeri

Heloooo guys..
Selamat pagiiiii….
Ada yang suka travelling? Atau baru mau mulai berkelana keliling Indonesia atau dunia?
Atau sekedar menghadiri event atau urusan tertentu keluar negeri (LN) ?

Yapsss..
Disini gue mau kasih tips buat kalian semua yang ingin wisata atau bepergian ke luar negeri.

Menurut pengalaman gue,
yang baru sekali ke LN (maunya berkali kali *eh)
Ada beberapa hal yang harus di draft atau di rencanakan serta dipersiapkan sebelum ke LN.

Langsung aja yukkkk…
Ini dia Tips Wisata / Berpergian ke Luar Negeri (LN) :

1.    PASPOR (Passport)
Yang satu ini adalah sesuatu yang WAJIB dibuat / di perpanjang (jika habis masanya) sebelum pergi ke luar negri. Paspor bisa dibuat di kantor Imigrasi kelas I di setiap kota.
Tata cara dan persyaratan pembuatan paspor sudah di bahasa di postingan sebelumnya yaah, klik disini.

Karena paspor merupakan hal yang PENTING & WAJIB, maka paspor juga harus dijaga dengan baik. Salah satunya dengan cara menggunakan pelindung paspor / paspor case / paspor pouch agar tidak kotor dan terkena air / basah.

2.    Uang

Musti, Wajib, da Kudu yang ini mah.
Masalah penukaran uang alias Money Changer, bisa dilakukan di luar negeri. Money Changer disana terdapat dimana mana, dibandara dan sekitaran hotel, jadi gampang gaes :D

Mata Uang Rusia, Saudi Arabia, Malaysia (Rubel, Riyal, Ringgit)

3.    Kamera
Anak fotografi pastinya gamau melewatkan momen momen dan view keren ketika mereka bepergian kemana pun. Kamera merupakan hal yang wajib dibawa. Kapan lagi coba ke LN? hiksss hha
Kalo gapunya DSLR/SLR minimal kalian pake kamera Handphone / Smartphone kalian, terus langsung upload intsagram deeeeh *ups kekinian banget haha

Atau kalian juga bisa pake action camera, yang sekarang merupakan kamera anak anak kekinian dengan wide angle. Action Camera juga udah banyak jenisnya, mulai dari yang mahal sampe yang murah denga kualitas yang bagus. (jangan lupa bawa tongsisnya juga yaaah~)

4.    Handphone / Smartphone
Ini juga merupakan benda WAJIB yang dibawa, untuk komunikasi, ataupun kalo kalian nyasar hahaha
Jaman udah canggih, kalo nyasar tinggal bukan google maps gaess~
*JANGAN LUPA BAWA CHARGER & COLOKAN KEPALA 3 (karena di luar negeri colokannya kepala 3 gesss~)*
Colokan Mata 3 (Tiga)

Handphone juga ga lengkap tanpa internet right?
Nah kalo masalah kartu perdana untuk di luar negeri, kalian bisa cek daftar biaya penggunaan telpon, sms, dan internet ketika provider kita (Indonesia) dibawa ke luar negeri di web resmi provider yang kalian pake gaes.
Kalo harga per harinya mahal, mending kalian beli kartu perdana di Negara tujuan. Tapi kalo murah, mending kalian tetep pake kartu perdana Indonesia.

Contoh yaah..
Gue pake indosat, dan gue cek pemakaian full internet di arab Saudi Cuma 35k alias 35 ribu rupiah / hari gaes!
Jadi, disana gue beli perdana juga seharga 100 ribu, dan itu bertahan 4 hari buat gue hha, jadi 3 hari selanjutnya gue pake indosat, cussss kenceng banget internetnya, lebih ngebut dari kartu perdana yang gue beli.

Tapi, ketika di Malaysia, penggunaan full internet disana 79k/hari. 79.000 rupiaaaaaah, mahal bangets gaes :( jadi gue beli perdana disana, dengan harga 36.000 (36k) rupiah. Dan itu bisa bertahan 3 hari :D lumayan kaaaan, jadi hemaaaat~~~~

Oiya, kalo masalah isi ulang pulsa provider Indonesia di luar negeri, kemaren gue pake mandiri e-cash, cepet bgt dan langsung masuk pulsanya. (fyi, gue Cuma isi pulsa 100k dari Indonesia kemaren)-jangan isi pulsa banyak2 juga, mubazir haha

5.    Koper, Ransel dan Tas Kecil Serta Kunci Gembok Pengaman

Yaps, benda wajib yang harus dibawa juga, kalo ga ada mereka, dimana lagi mau taro barangnyaaaa? Haha

Kunci gembok kecil digunakan untuk koper.
Untuk koper, bawalah koper yang sedang2 saja.
Ransel, digunakan untuk membawa barang2 yg sering di keluarkan / digunakan (contoh : handuk, sikat gigi, sabun cuci muka, dll)
Tas kecil pun begitu, untuk barang2 penting dan sering dikeluarkan (contoh : paspor, handphone, jam, kacamata, dll)

Bawalah pakaian se minimal mungkin, karena ruang lebihnya di koper untuk meletakkan oleh-oleh, agar bagasi kita ga nambah.

Pakaian bisa kita cuci di kamar mandi hotel, dan kita juga bisa memakain baju yang kita beli disana langsung.

6.    Pantyliner (Khusus buat cewek)

Pantyliner berguna agar menjaga pakaian dalam kita tetap bersih, jd kalopun mau dicuci, hanya sekedar dicuci aja, malah bisa dipakai untuk  2 hari (jika tidak melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan keringat). Tetapi pantylinernya diganti terus tiap hari.

7.    Jaket / Sweater / Mantel

Kalo kalian kedinginan di pesawat dengan durasi perjalanan yang lama, atau di musim dingin Negara tujuan.

8.    Sunblock
Jika Negara tujuan bersuhu panas yang tinggi.

9.    Alat Tulis
Nah yang satu ini, buat titipan temen-temen kamu nan narsis bin kekinian hahaha
Tau kan buat apa?

Yaaapsss betullll bangeetsss…
Buat ditulis nama mereka dan difoto di landmark Negara tujuan :D


Okedeeeeeeeh, sekian dulu tips dari gue.
Semoga bermanfaat, dan semoga kita bisa pergi keluar negeri semua :D
See yaaaa~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar