Pengalaman Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Gelombang 1 Tahun 2017 Dini Tell More: Pengalaman Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Gelombang 1 Tahun 2017

Jumat, 13 Oktober 2017

Pengalaman Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Gelombang 1 Tahun 2017

Seleksi CPNS 2017 merupakan salah satu rekrutmen CPNS yang membutuhkan banyak posisi , pada gelombang I dibuka rekrutmen KEMENKUMHAM dan Mahkaham Agung. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) membutuhkan ribuan formasi, baik itu dari jenjang SLTA, D3, Dokter dan juga Sarjana.

Rangkaian seleksinya atau tahapannya adalah :
1. Seleksi Administrasi (yang dilakukan via website http://sscn.bkn.go.id/)
2. Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)
3. Seleksi Kemampuan Bidang (SKD) melalui tes praktek dan wawancara bidang sesuai posisi yang diambil.
4. Pengumuman akhir dan pemberkasan.

Nah, ini pertama kalinya aku ikut rekrutmen CPNS, karena semenjak lulus kuliah, baru ini ada pembukaan seleksi CPNS nya hehe

Aku ikut seleksi Pengelola Teknologi Informasi di Kementeriaan Hukum dan HAM , dimana posisi yang dibutuhkan untuk formasi umum Sarjana (S1) hanya 59 orang se Indonesia.
Kenapa aku pilih Pengelola Teknologi Informasi?
Pertama, posisi tersebut sesuai dengan jurusan kuliah (Teknik Informatika) dan inilah satu satunya posisi yang tidak membutuhkan kualifikasi Tinggi badan haha

Awalnya, serangkaian seleksi diadakan di Jakarta, tetapi karena jumlah peminat atau pendaftar CPNS banyak dan domisili luar Jakarta maka seleksi dilaksanakan di Provinsi masing-masing peserta.

Oke, langsung aja aku kasih tips dan jenis soal soal yang keluar pada saat seleksi CPNS KEMENKUMHAM 2017.

1. Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

SKD dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assited Test) , ada 100 soal yang harus dijawab dalam waktu 100 menit. Ada 3 bagian soal yang dicampur dalam 100 soal tersebut. 3 jenis soal tersebut adalah TIU (Tes Integensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), dan TKP (Tes Kepribadian).

  • TIU (Tes Intelegensi Umum) berupa soal-soal hitungan matematika dasar, deret, anonim , sinonim, wacana bahasa Indonesia , logika dan verbal .
  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) berupa soal-soal mengenai bangsa Indonesia, mulai dari dasar negara (Pancasila), Undang Undang Dasar dan Sejarah Indonesia .
    Contoh : Siapakah Sayuti Melik?
  •  TKP (Tes Karakteristik Pribadi) berupa soal soal mengenai kepribadian. Contoh :
       Jika anda memiliki sebuah pendapat dalam musyawarah, apa yang anda lakukan ?
      (a) Diam saja
      (b) Menyampaikan pendapat
      (c) Ikut keputusan akhir musyawarah tanpa menyampaikan pendapat

Tips : Datang 2 jam sebelum pelaksaan tes, karena akan melakukan 3x registrasi. Datang lebih awal membuat kita menjadi lebih tenang. Bawalah perlengkapan yang tertera dalam pengumuman atau peraturan, karena tas, jam tangan, handphone, uang, dll tidak boleh dibawa masuk ruangan, tas akan dititipkan nantinya. Kriteria untuk lanjut ke SKB adalah memenuhi passing grade TIU (80), TWK (75) dan TKP (143). Setelah klik selesai pada soal - soal CPNS di sistem CAT akan langsung keluar nilai kita dan apakah kita lulus passing grade atau tidak. Jangan seneng dulu kalo udh lulus passing grade, karena kita bakal di ranking nasional dan hanya diambil peringkat tertinggi dalam jumlah 3x formasi jabatan yang dibutuhkan.

2. Seleksi Kemampuan Bidang (SKB)

SKB dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) untuk semua posisi kecuali posisi yg aku ambil. Khusus Pengelola Teknologi Informasi, tes dilakukan dengan Praktek.

Pada jadwal tertulis tes mulai pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB
Kaget?
Sama, akupun juga kaget, tes yang seperti apa bisa selama itu haha
awalnya ga nyangka bakal selama itu, mungkin itu hanya waktu keseluruhan atau menunggu antrian praktek.
ternyata jadwal itu memang benar adanya selama itu..

Jadi, ada 5 sesi tes yang dilakukan setiap peserta untuk kerja praktek komputer dalam waktu bersamaan. Komputer sudah disediakan dengan software yg dibtuhkan yang sudah terinstall didalamnya.

---Sesi 1--- (60 Menit / 1 Jam)
Essay,
Ada kurang lebih 4-5 Soal Essay yang harus dijawab dan diketikan dalam word sesuai ketentuan. Soal berupa pengetahuan kita dibidang IT. Pemrograman, Database, dll.

---Sesi 2--- (60 Menit / 1 Jam)
Pemrograman Web,
Bahasa yang digunakan hanya PHP, kita harus membuat koding atau program beserta database sederhana pada template web yang telah disediakan. Proses-proses yang harus dibuat berupa CRUD (Create, Rename , Update, Delete)


---Sesi 3--- (60 Menit / 1 Jam)
Jaringan,
Disini kita disuruh membuat simulasi jaringan komputer dengan Cisco Packet Tracer.

---Sesi 4--- (60 Menit / 1 Jam)
Database,
Database yang digunakan adalah Mysql ditunjang dengan XAMPP. Disini kita ditugaskan untuk membuat database beserta isinya yang telah ditentukan dan memberikan perintah SQL sesuai soal.

---Sesi 5--- (10 Menit)
IT Interview with English,
Nah, tahap ini tahap yang bikin kaget, tiba tiba ada wawancara calon CPNS Pengelola Teknlogi Informasi mengenai IT atau dunia komputer menggunakan bahasa inggris. Pertama kita disuruh memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris
setelah itu panitia atau petugas bertanya mengenai bidang komputer atau Teknologi Informasi (IT).

Tips : Kalo jumlah peserta sedikit (kalo di Palembang cuma 9 orang) lebih baik datang ke lokasi, satu jam atau 45 menit sebelum jadwal, soalnya petugas juga belum siap, malah kita planga plongo kesana kemari haha. Bawa air minum, bila perlu bawa bekal, karena waktu ujian bener-bener dari jam 8 pagi sampai dengan 3 sore. Secara keseluruhan memang hanya 4 jam 10 menit. Namun saat wawancara kita harus menunggu giliran dan tidak boleh langsung pulang, kita harus menunggu semua peserta selesai wawancara dan mengikuti penutupan terlebih dahulu. Good Luck !


3. Wawancara Akhir CPNS

 Wawancara yg awalnya di jakarta akhirnya dilaksanakan di provinsi masing-masing. Saat wawancara kita hanya membawa KTP dan Kartu Peserta CPNS . Membawa daftar riwayat pekerjaan juga, tapi itu tidak dipakai saat wawancara, hanya untuk input pengalaman kerja. Tiba di lokasi, kita disuruh isi formulir untuk cek tato dan tindik, untuk formasi analis imigrasi ditambah dengan formulir cek tinggi badan. Setelah itu kita antri berdasarkan absen untuk input riwayat pekerjaan dan menunggu untuk wawancara. Saat mendekati absen, kita dipanggil untuk memilih penguji untuk wawancara. Wilayah Palembang, pewawancara atau penguji ada 3 tim. Tim 1 Sekbid Kemasyarakatan, Tim 2 Sekbid Administrasi, dan Tim 3 KAKANWIL SUMSEL (Kepala Kantor Wilayah Sumatera Selatan). Wawancara berlangsung selama 15 menit dan nilai langsung di input kedalam sistem oleh penguji. Pertanyaan seputar kehidupan pribadi dan prestasi. Nilai akan keluar di hari yang sama setelah kedua sesi dalam satu hari tersebut selesai.


Tips : Santai, berdoa dan apa adanya saja, karena yang ditanya hanya seputar diri kita sendiri, tidak ada pertanyaan mengenai bidang yang diambil. Siapkan air minum atau cemilan, karena waktu tunggu wawancara sangat lama (kecuali kalian urutan absen awal). Pada hari pertama, sesi kedua berlangsung sampai malam.


Semoga yg ikut tes CPNS dimanapun semoga berhasil lulus sampe beneran jadi CPNS, aamiin
btw..
ini link grup telegram peserta CPNS KEMENKUMHAM Pengelola Teknologi Informasi (PTI ) 2017
https://t.me/PTI_Kemenkumham2017
Mengenai pemberkasan CPNS KEMENKUMHAM bisa kalian lihat disini
thankyouuuuu~ God speed you !


9 komentar:

Desty mengatakan... Reply Comment

Pas sesi wawancara ditanyain apa aja kak?

Dinitelmo mengatakan... Reply Comment

@Desty: Waktu wawancara bidang pengelola teknologi informasi, pertama perkenalan, setelah itu penguji tanya mau pilih posisi atau jobdes apa kalo di pengelola TI? misal, programmer, kenapa pilih itu, terus ditanya yg bersangkutan dengan programmer

Unknown mengatakan... Reply Comment

Mas gimana hasilnya ? Job desk pengelola TI apa ya ?

Anonim mengatakan... Reply Comment

kak untuk pengelola teknologi informasi saat interview akhir (wawancara pengamatan fisik dan keterampilan) apa juga menampilkan keterampilan lain? seperti misal penjaga tahanan menampilkan beladiri

Unknown mengatakan... Reply Comment

Kak. .untuk PTI itu jabatan setelah jadi cpns apa? Pranata komputer kah? Grade 6 atau 7?

Dini mengatakan... Reply Comment

@Reza Fitra: PTI di Kemenkumham pada saat CPNS jabatannya Jabatan Fungsional Umum grade 6, nama jabatan disesuaikan dengan penempatan.

A. R Iskandar mengatakan... Reply Comment

Mba bagaimana tupoksi tentang PTI di kantork masuk pd bagian mana mba?
saya alhamdulillah sudah lolos dan saat ini tinggal laporan ke kanwil

Bs minta kontak atau group PTI kumham mba?
Terimakasih

Dini mengatakan... Reply Comment

@A. R Iskandar: Wah selamat yaa, saya di pusat, Ditjenim De. Tupoksinya nnati sesuai penempatan De..

Eva mengatakan... Reply Comment

nyimak

Posting Komentar