Ya Saman Palembang Dini Tell More: Ya Saman Palembang

Sabtu, 21 April 2012

Ya Saman Palembang

"Ayayaya~yaa saman,pecaknyo mudah tapi saro nian"

Yah,itu dia sekilas lirik lagu Ya Saman dari Palembang. Ada yang tau arti ya saman?
ya saman itu sama dengan ya cacam,keduanya sama sama bahasa Palembang hhe :p Menurut saya,artinya itu ya ampun :D Lagu ini tak asing lagi di telinga masyarakat kota Palembang.Bahkan teman teman saya pun sering menyanyikan lagu ini bersama sama.Selain liriknya yang unik,lagu ini memang asyik didengar maupun dinyanyikan.Inilah salah satu pesona dari Sumatera Selatan khususnya Palembang.Masih banyak lagi hal hal menarik dan mempesona yang ada disini.Mari kita lihat beberapa diantaranya. ;)

-Sungai Musi



           Sungai yang satu ini adalah sungai terbesar di Indonesia.Sejak dulu sungai musi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,dari segi transportasi,dagang,industri dan pariwisata.Disepanjang sungai kita bisa melihat banyak rumah warga yang mengapung di air,alias "Rumah Rakit". Selain itu,sungai musi menjadikan palembang memiliki wilayah seberang ulu dan seberang ilir :D

-Jembatan Ampera

       Diatas sungai musi ada jembatan AMPERA (Amanat Penderitaan Rakyat). Jembatan inilah yang menghubungkan seberang ulu dan seberang ilir kota Palembang.Dibangun sejak tahun 1962,dulu bagian tengah jembatan dapat diangkat keatas agar tiang pada kapal kapal besar dapat melewati sungai dan tidak tersangkut pada badan jembatan.



Namun pada tahun 1970,aktivitas tersebut tidak dilakukan lagi,dengan alasan mengganggu lalulintas pada jembatan. Sayang sekali saudara saudara :3

-Pulau Kemaro
           


Pulau Kemaro adalah salah satu objek wisata di Palembang.Disana terdapat  pagoda yang sangat menarik,ada juga yang namanya "pohon cinta",katanya yang mengukirkan namanya dan pasangannya pada pohon maka hubungannya akan "langgeng".Tapi itu cuma sekedar cerita,disana mencoret ataupun mengukir pohon tersebut sangat dilarang.


 Selain itu pulau kemaro juga berfungsi sebagai tempat ibadah etnis cina lokal,dimana ada pagoda dan kuil kuil disana.Itulah mengapa pada saat tahun baru cina,tempat ini sangat ramai dikunjungi.Dinamakan pulau kemaro karena pulau ini selalu kering dan tidak pernah hilang atau tenggelam walaupun air sungai musi sedang mengalami pasang yang sanagt besar.

-Monpera


Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat), salah satu museum di Palembang yang menyimpan benda benda bersejarah,khususnya sisa peninggalan perang lima hari lima malam dahulu di Palembang.

Monpera merupakan bangunan yang cukup tinggi berlantai lima.Namun benda benda bersejarah disini masih sangat minim.









-Songket
          Kain songket adalah kain yang dibuat dengan cara ditenun dan juga menggunakan benang emas.Menenun songket tidaklah mudah,karena hal ini membutuhkan keahlian dan ketelitian yang tinggi.Kemampuan unutuk membuat songket tersebut biasanya diwariskan secara turun temurun.Harga kain songket pun terbilang mahal,karena tingkat kesulitan membuatnya.Songket biasanya dipakai pada acara acara sakral seperti acara pernikahan.




-Pempek




Semuanya pasti sudah tahu yang satu ini :D Ya,pempek atau empek-empek,salah satu makanan khas dari Sumatera Selatan. Biasanya disajikan dengan cuka atau orang Palembang menyebutnya cuko.Membuat pempek kelihatannya cukup mudah,tapi tidak semudah itu membuatnya.Apalagi cukonya,tidak semua orang bisa membuat cuko yang enak.

Menurut sejarah,pempek ada di Palembang sejak perantau cina masuk ke Palembang. Ada yang bilang nama Pempek berasal dari panggilan "Apek" yaitu lelaki tua keturunan cina yang berjualan pempek dulu.

Selain itu,bahan dasar atau adonan pempek ini dapat diolah menjadi berbagai macam  makanan yang enak. Misalnya laksan,kerupuk,tekwan,model dan masih banyak lagi. Semakin berkembangnya zaman pempek Palembang sudah mulai dijajakan sebagai menu mahal di beberapa restoran di Milan, Italy.

Yap,itu dia beberapa pesona dari Sumatera Selatan , masih banyak lagi pesona pesona lainnya yang ada di Sumsel,seperti makanan,bukan hanya pempek tapi berbagai macam masakan yang enak enak ada disini,contohnya pindang patin :D Bukan hanya dari segi makanan saja,tetapi Sumatera Selatan juga memiliki kekayaan alam yang melimpah,yaitu tambang batu bara di Tanjung Enim. PT Bukit Asam Tbk. adalah salah satu tambang batu bara terbesar di Indonesia. Ada juga PT Pusri yang merupakan Pabrik urea pertama dan salah satu pabrik pupuk terbesar di Indonesia.


Selain di Palembang,banyak juga objek wisata di Sumatera Selatan yang banyak diminati masyarakat,salah satunya "Gua Batu" yang ada di Pagaralam. Jadi, Kalau kalian penasaran dengan pesona Sumatera Selatan,kalian bisa langsung datang kesini kapan saja dan rasakan sendiri pesonanya. yaaa samaaan Palembang memang cantik nian :D


Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Sumatera Selatan yang ke-66,saya mengikutsertakan tulisan ini dalam kompetisi Blog " Pesona Sumatera Selatan"  oleh komunitas blogger Wongkito yang bekerja sama dengan Trijaya FM Palembang, Musi Institute dan Dinas Pariwisata Sumatera Selatan.

18 komentar:

Anonim mengatakan... Reply Comment

huwaaaww amazing :3
kpan2 ke palembang ah...

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

baru baca aja udah amazing,apalagi kalo kepalembangnya :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

hahhaha iya nih keren bangeeett ya palembang kyaknya

deorayyan mengatakan... Reply Comment

pengen banget bisa ke palembang :(

tino_pashter mengatakan... Reply Comment

bagus juga.. sepertinya gak kalah nih ama wisata di kota lain

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@deorayyan ayo buruan kesini :p

@tino pashter iya,Sumsel gitu loh :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

bagus..
mungkin ini salah satu tempat yang wajib di kunjungi...

hisoka mengatakan... Reply Comment

wah pempek goreng *ala upin ipin*
jadi pengen :D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@anonim : iya,kalo ke Palembang musti kesana tuh :D

@hisoka : pasti yang diliat duluan makanan -_-a haha :p

hisoka mengatakan... Reply Comment

lah lamo dak makan pempek telok, jadi pengan kan -__-

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

Di kantin ekonomi ujung ado kok,tempat aku sm mutek galak makan hha ;)

Jeffy Dwitra mengatakan... Reply Comment

hahhaa
kiroi nak jelaske sejarah singkat lagu ya saman
dk tauny ujung" jelaske ttg palembang dinikk nih x_x

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

Ya saman kan bagian dari Palembang :p ahahah

Saya bernama Maulidi Pranata SB mengatakan... Reply Comment

nice posting :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

masih ado yang tinggal iolah BKB (benteng kuto besak), masjid agung, dll. :)

Rhadytia Raffarel mengatakan... Reply Comment

Mantebbbb dek...

:D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

makasih kak ^^

musik dan lirik mengatakan... Reply Comment

mantap.. mksh

Poskan Komentar