Trans Musi VS Bus Kota Dini Tell More: Trans Musi VS Bus Kota

Sabtu, 17 November 2012

Trans Musi VS Bus Kota

Hai sobat :) apa kabarnya nih?
udah lama gue ga ngepost yah ._. nah kali ini gue bakal ngebahas masalah transportasi umum di kota gue nih "Palembang":D Tapi disini gue cuma ngebahas Trans Musi sama Bus kota doang :)

Kenapa gue ngebahas masalah ini? Karena kemarin waktu pulang nguliah,gue sempet ngegalau didalem trans musi -__-" gara gara macet. Jadi sesampainya dirumah,ntah kenapa pengen nulis ini hehe ._. *plakkk #abaikan

Oke langsung aja deh...


Trans Musi adalah kendaraan umum berjenis Rapid Bus Transit (BRT) di kota Palembang. Trans Musi dikelola oleh PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Palembang. Mulai beroperasi sejak tahun 2010 dan sampai sekarang sudah ada  kurang lebih 120 armada transmusi.

Transmusi ini awalnya

beroperasi di Palembang,namun sekarang ia beroperasi sampai ke Indralaya juga, tepatnya sampai kampus tercinta Unsri Indralaya :D Namun ada 2 jenis transmusi yang beroperasi kesana,yaitu TM (Trans Musi) khusus mahasiswa (Unsri Bukit-Unsri Indralaya) dan untuk umum (Termnal Karya Jaya - Indralaya).

Sistem pembayarannya ada yang menggunakan smart card dan pembayaran manual.



Harga smartcardnya Rp 18.000,- dan didalamnya udah berisi Rp.8.000,- nah kalo TM khusus mahasiswa bayarnya musti pake smartcard ngga bisa bayar manual,kalo belom punya smartcard,bisa nebeng sama temen bayarnya hhe :D Tarif untuk bukit-indralaya Rp 7.000,- sedangkan TM umum yang beroperasi dipalembang hanya Rp. 4.000,-

Terus? kalo saldo smartcardnya habis gimana?
nah kalo urusan saldo,kita bisa isi ulang sama petugas TMnya, kalo TM khusus mahasiswa bisa isi ulang di bukit dan indralaya,kalo di palembang / untuk umum biasanya petugas isi ulangnya itu ada di halte transit :D isi ulangnya minimal Rp 10.000-, dan kelipatannya .Oh iya,khusus TM mahasiswa,dia ngga berhenti untuk menurunkan penumpang,dia berhenti hanya di kampus bukit dan indralaya. Sedangkan TM umum,berhenti di setiap halte yang dilewatinya (menurut jalurnya masing masing).


Bus Kota adalah kendaraan umum yang beroperasi dari suatu tempat ke tempat lain dalam wilayah perkotaan. Bus kota biasanya dioperasikan di kota-kota sedang, besar dan metropolitan. Kapasitas penumpangnya tergantung dengan ukuran busnya sendiri,tapi rata rata memuat kurang lebih 32 orang dalam satu bus.

Berbeda dengan TM, tarif bus kota lebih murah daripada TM. Untuk jarak yang jauh di wilayah kota hanya dikenai biaya Rp 2.000,- s/d Rp. 2.500,- sedangkan kalo jaraknya dekat bisa Rp 500,- s/d Rp 1.500,- bahkan bisa gratis :D Selain itu bus kota berhenti (untuk menurunkan penumpang) sesuai dengan keinginan penumpangnya.





Nah sobat,dari kedua penjelasan di atas,menurut gue..
- TM itu lebih nyaman dan aman daripada bus kota. Mengapa? karena...
1. Pengangkutan penumpang pada bus kota bisa dimana saja,oleh karena itu pintunya tidak pernah ditutup,selain debu juga memungkinkan terjadinya kejahatan. Sedangkan pada transmusi dengan sistem pengangkutan penumpang dari halte ke halte,pintu tertutup dan adanya AC,maka hal hal tersebut kemungkinannya sangat kecil terjadi.
2. Beberapa bus kota sering memutar lagu dengan volume yang sangat besar -_-"
3. Ada beberapa supir bus kota menyetir dengan ugal-ugalan bukan hanya itu,beberapa kejahatan (pencopetan dll) yang terjadi pada bus kota juga terjadi karena adanya kerja sama yg terjalin antara supir / kondektur bus dengan si pencopet dll.
**ini fakta sobat,karena waktu itu dideket rumah ada copet yg ketangkep dan emang ternyata bersekongkol sama supir salah satu bus kota :s

- Bus Kota itu lebih murah dan cepat daripada TM. Mengapa? karena...
1. Tarif bus kota yang disesuaikan dengan jarak tempuh si penumpang sampai ke tujuan.
2. Bus kota berhenti sesuai dengan keinginan kita,sehingga kita tidak perlu naik angkutan lain atau berjalan jauh untuk sampai tujuan. Berbeda dengan TM yang hanya berhenti pada halte-halte.
3. Jalur TM yang ribet (menurut saya) yang harus mengitari beberapa tempat dahulu sebelum sampai tujuan,sehingga waktu sedikit banyak terbuang.
**Tetapi kalo ngga terburu buru untuk sampai ketujuan,hal tersebut ngga jadi masalah kok :D


             Ada kelebihan dan kekurangan masing masing dari TM dan Bus Kota , kembali ke orangnya masing masing mau pilih yang mana :D gue sendiri masih menggunakan keduanya,tetapi kalo dari kampus indralaya ke Palembang,sekarang gue lebih sering naek TM dan bus mahasiswa (bus kuning).Sayangnya TM bukit-indralaya masih sedikit :( selain itu kalo balik ngampus,TM nya ngga jelas yang mana yang mau berangkat,jadi walaupun udah nunggu lama,masi kalah saing sama yg cepet naik :| ,yah semoga saja masalah seperti ini diperbaiki secepatnya :)
            Untuk sampai kerumah juga gue lebih sering naek TM,nebeng temen dan minta jemput hehe ._. gue naek bus kota kalo udah kepepet dan jarak ke tempat tujuannya deket,kalo jauh gue dah ga berani lagi :3 kecuali banyak temen yang naik juga hha :D

15 komentar:

Indoemu mengatakan... Reply Comment

nice info sist!!!

blog walking :p

Bang Oi mengatakan... Reply Comment

Udah.
balik naik bis PS aja.

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

gamau bang :3

Anonim mengatakan... Reply Comment

Nice info. Cara buat kartu TMnya di mana ya? Thx ^^

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

engga buat kok,beli sama oom oom TM nya :D

Angga Zulika Ramadhani mengatakan... Reply Comment

sampe detik ini belom juga memiliki smartcardnya TM -___-

postingan ini real banget :3

betara indra gunawan mengatakan... Reply Comment

bis kota musnahkan saja,,haha,, biar transmusi aj y yang ada,,

Folbeck y blog aq,, mampir di

http://betaraubd.blogspot.com

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@angga : kalo jarang naik TM,mending bayarnya nebeng aja,biar hemat :p hehe

@betara : jgn dimusnahin sih,ribet juga kalo ngga ada bis hhe oke

Benagustian mengatakan... Reply Comment

saya suda pasanng link kamu di blog saya dini..
:) monggo di cek di 'link bermakna lainnya'

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

oke terimakasih,udah dipasang :D

Info IT mengatakan... Reply Comment

Info nya sangat membantu saya,.. Thnx,.
:)

(y)

Sakalvin A mengatakan... Reply Comment

Klo sering pake motor, susah banding2in kayak gini
Info bagus :D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

hehe iya kak,kan kalo motor lebih ke kendaraan pribadi :p

Aman Aminus mengatakan... Reply Comment

Kakak² yang baik :) . Boleh nanya gak? Tempat transit smart card di mana aja ya :D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

kalo pake smartcard bisa transit dimana aja kok :D

Posting Komentar