Masa Tua Jangan Jadi Sia - sia Dini Tell More: Masa Tua Jangan Jadi Sia - sia

Rabu, 07 Mei 2014

Masa Tua Jangan Jadi Sia - sia

Pensiun?
Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata tersebut?

Biasanya orang - orang langsung berpikir mengenai pekerjaan karena kata pensiun sangat identik dengan pekerjaan. Masih bingung dengan pensiun? ini dia definisinya..

"Pensiun adalah seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri (pensiun muda)." -wikipedia.


dana pensiun

Tapi, menurut saya pensiun tidak hanya berkaitan dengan bekerja. Ketika kita masih muda, telah menyelesaikan studi dan belum bekerja bisa juga dikatakan pensiun. Maksudnya pensiun dari masa studi dan tentunya memasuki masa - masa pengangguran (jika belum mendapatkan pekerjaan).


Nah, biasanya seseorang yang pensiun mendapatkan dana pensiun atau pesangon bukan?
Dalam pensiun studi sudah dapat dipastikan kita tidak mendapatkan pesanggon sepeser pun karena kita bukan pekerja yang mendapatkan upah, melainkan pelajar yang mendapatkan ilmu. Pada masa - masa seperti inilah kita membutuhkan modal untuk mendapatkan pekerjaan, tidak hanya modal kemampuan tapi juga butuh materi untuk menunjang usaha kita.

Bagaimana cara untuk mendapatkan dana pensiun setelah studi?
Banyak cara untuk mendapatkan dana pensiun setelah studi, antara lain :

1. Menabung
Pada umumnya orang tua telah mengajarkan dan menanamkan kebiasaan menabung kepada anak - anaknya sejak kecil. Saya sendiri juga terbiasa menabung sejak kecil karena banyak sekali manfaat dari menabung. Kita bisa belajar bersabar dalam menabung untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Selain itu, dengan menabung kita memiliki cadangan uang apabila terjadi sesuatu hal yang tak terduga.

celengan ayam
Sumber uang dari tabungan ini bisa didapat dari manajemen uang yang diberikan orang tua atau bisa juga dari sumber - sumber lainnya. Tabungan yang kita miliki selama masa studi dapat menjadi modal usaha atau modal apapun setelah kita menyelesaikan studi.

2. Mencari Beasiswa

beasiswa pendidikan

Beasiswa dalam masa pendidikan banyak sekali, masing - masing orang hanya butuh minat dan keinginan yang kuat untuk mendapatkannya. Pengurusan beasiswa biasanya ribet, hal inilah yang membuat banyak orang malas untuk mendapatkan beasiswa. Namun hal tersebut merupakan peluang bagi orang - orang yang benar - benar ingin mendapatkan beasiswa.

3. Bekerja Paruh Waktu
Selama 24 jam tidak semata mata digunakan untuk menempuh pendidikan. Beberapa diantaranya menggunakan sisa waktu dari belajar untuk bekerja paruh waktu. Bekerja paruh waktu tidak hanya menjadi pekerja di tempat usaha yang ada. Namun dapat dilakukan dengan kemampuan yang kita miliki seperti jasa pengajar privat atau jasa instalasi perangkat lunak.


kerja paruh waktu

     Beberapa cara diatas merupakan cara yang banyak digunakan oleh para pelajar, termasuk saya. Semua cara diatas juga merupakan hal - hal yang berkaitan dengan kegiatan menabung. Sejak kecil saya terbiasa menabung, sampai sekarang pun masih giat menabung. Namun perbedaan semasa kecil dengan sekarang ialah tempat menabungnya, kalau dahulu menggunakan celengan plastik atau celengan ayam sekarang saya sudah memiliki tabungan sendiri di bank BNI.

Kenapa saya memilih bank BNI46?
karena bank BNI terbukti sampai sekarang aman , nyaman dan mudah penggunaannya.
Menabung jadi lebih mudah karena sekarang saya menabung melalui ATM Setor Tunai.
Selain itu kita juga bisa memperkirakan dana pensiun kita nanti dengan BNI SIMPONI .

Kembali lagi ke masalah menabung, ketika kita sudah terbiasa menabung akan terasa betapa asyiknya menabung itu. Kita mendapatkan kepuasan tersendiri ketika tabungan yang kita miliki mencapai nilai yang kita inginkan.

Menabung merupakan hal yang sangat penting karena segala sesuatu didunia ini butuh persiapan. Dalam hal ini, menabung di usia muda pada masa studi sangat penting dan berguna setelah kita pensiun dari masa studi dan melanjutkan ke dunia kerja.

Persiapan dana pensiun ini sangat penting, karena cepat atau lambat tabungan kita pasti berguna kelak. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, pesangon yang kita buat sendiri untuk diri kita sendiri berguna untuk mencari pekerjaan atau mendirikan usaha setelah masa studi. Namun bila kita mendapatkan perkerjaan langsung setelah menempuh dunia pendidikan dana pesangon tersebut dapat terus kita simpan dan akan berguna ketika kita bekerja atau mungkin sampai kita pensiun dari pekerjaan. Jika hal tersebut terjadi tentunya lebih menguntungkan kita, pesangon yang kita miliki sebelum bekerja ditambah dengan pesangon dari perusahaan setelah kita pensiun bekerja jumlahnya semakin besar dan dapat digunakan untuk apa saja.


Masa tua kaya raya dan bahagia

Hal - hal yang telah direncanakan sejak muda sangat menguntungkan untuk kita di hari tua. Tabungan pensiun yang telah kita miliki dapat menjadi awal mula usaha yang menguntungkan. Selain kita sendiri dapat menikmatinya dihari tua, anak - anak kita kelak juga akan merasakan dampak positifnya.

Semoga anak - anak Indonesia memiliki pandangan luas dan memiliki segudang rencana emas akan masa depannya. Termasuk rencana akan pentingnya dana pensiun kedepan karena apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai dan tentunya akan menjadi kebiasaan yang baik turun temurun.

dan semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagi kita semua :)

http://bit.ly/BNI_Simponi

55 komentar:

Angga Zulika Ramadhani mengatakan... Reply Comment

*jadi inget kata-kata pak abbas*

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

pengusaha muda harus dipupuk sejak dini :3

trizaurah mengatakan... Reply Comment

nice blog post.. so useful :)

ayo nabung biar pas pensiun nya kaya :D

Dwi Maharani mengatakan... Reply Comment

kalau di kora sama jepang, kerja paruh waktu keren liatnya. disini susah nyarinya -_- orang-orang juga pandangannya beda :")

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@trizaurah : iya nabung harus jadi kebiasaan :)

@dwi : iya, tapi masih ada alternatif lain kok untuk menambah pendapatan :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

ini nih yg keren .
menanamkan prinsip menabung dari dini biar kedepannya ada pegangan :")
pasti ajaran dosen tercinta :")

Anonim mengatakan... Reply Comment

mulai menabung dari sekarang biar uangnya bisa di pakek buat usaha nantinya

Mutia Aldina mengatakan... Reply Comment

Mau mulai nabung juga lah kalo gitu :3

Eko Hidayat mengatakan... Reply Comment

Pendidikan tinggi, pekerjaan layak dan pensiun sejahtera. Kombinasi yang pas!

Bang Oi mengatakan... Reply Comment

Menanbung buat modal usaha untuk lulus nanti. :D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@Mutia : harus ^^

@Eko : tentunya kombinasi yg direncanakan juga :D

@Oi : iya, jangan entar udah lulus bengong karena ga ada modal :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

Menabung untuk hari tua yang bahagia :D

rheido akbar mengatakan... Reply Comment

tp setor tunai cuma ada ditempat tertentu kan? dan uang yg ditabung harus rapi?

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya, tapi pasti ada ditempat yg strategis kok, iya gaboleh kelipet uangnya :)

obat ace maxs mengatakan... Reply Comment

Agar masa tua tidak sia sia kita harus pelihara masa muda kita dengan sebaik baiknya, :))

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

bener banget, gimana bisa nikmatin pensiun kalo kita ga pelihara masa muda :))

doli nafati tela mengatakan... Reply Comment

ada baiknya nabung mulai dari dini buat masa depan hoho
btw salam kenal ya, mampir ke blog gue:)

andri vanderwijh mengatakan... Reply Comment

Tarimaksi udah mampir di blogku yah .. http://seputarblogdanseo.blogspot.com/2014/05/masa-tua-bahagian-dengan-dana-pensiun.html

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@Doli : iya, nabung itu wajib , salam kenal jugaa :D

@Andri : sama sama :)

Didik Purwanto mengatakan... Reply Comment

Hebaaaat...belajarlah investasi sejak dini. Semakin kita investasi dini, semakin banyak dana yang akan kita kumpulkan. Chayooo..

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya bener banget! chayooo :D

ladycharinda mengatakan... Reply Comment

calon pengusaha nih :D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

aamiin :D

evrinasp mengatakan... Reply Comment

Pensiun jangan sampe gak punya bekal. Harus ditabam sejak dini

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

bener banget ;)

wahyu yuwono mengatakan... Reply Comment

Namun sekarang, masih banyak orang yang tidak melihat betapa pentingnya mempersiapkan keuangan untuk masa tua. Banyak konsumsi dimasa muda, dan masa tua merana.

Komen juga di http://wahyuyuwono.wordpress.com/2014/05/03/aku-muda-dan-gak-takut-pensiun/

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya balik ke kesadaran diri masing masing sih :)

Aji Ahmad mengatakan... Reply Comment

nice info,baru tau tentang BNI Simponi nih

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

ooh ayok buruan daftar BNI simponi ^^

M Iqbal mengatakan... Reply Comment

ikut lomba toh :D semoga menang biar hadiahnya bisa nambahin dana pensiun mudanya :))

DINI mengatakan... Reply Comment

Gak cuma nabung, investasi untuk hari tua sangat perlu, iya gak? Makasih dah mampir. Salam kenal ya :)

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya hehe aamiin :)

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya penting banget :D salam kenal juga sesama Dini :))

Yuni Destiara mengatakan... Reply Comment

oke. kita memulai berinvestasi/menabung sejak dini :D seperti nama kk sendiri :D

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya haha bisa aja :))

Niken Rinda Ardita mengatakan... Reply Comment

pengen juga kuliah sambil kerja paruh wakt biar uangnya bisa ditabungain :) tapi disini mah susah cari kerja paruh waktu -_- ckckckk

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

iya ken, apalagi yg kampusnya di Indralaya, lebih susah lagi :))

Adhit mengatakan... Reply Comment

nabung lah di, laen yang lah tuo hahah :p

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

nabung bukan brati tuo kali :v haha kan dr kecil sudah mulai nabung :))

Anonim mengatakan... Reply Comment

keep blogging!

Mega Pertiwi mengatakan... Reply Comment

nabung tp byk bgt godaannya jdnya g' ksimpen d uangnya :(

purnamaimam mengatakan... Reply Comment

tulisannya sangat memberikan inspirasi

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@purnamaimam: terimakasih :)

Fadli mengatakan... Reply Comment

:) seru kalau bisa dapat pensiun

Dini Triyama mengatakan... Reply Comment

@Fadli: iya, banyak untungnya :D

Jason F Vaughn mengatakan... Reply Comment

Memang benar, Apapun alasanya Menabung tetep penting utk persiapan masa depan
Apalagi jaman sekarang Menabung Rutin dan Ajak Teman Menabung bisa hasilkan Income Jutaan Perbulan http://tabunganmilyarder.weebly.com/

jelly gamat gold g mengatakan... Reply Comment

menabung memang penting untuk rencana masa tua, tapi kenapa yah kok saya susah sekali kalau urusan menabung, setiap bulan selalu saja habis..

ace maxs asli mengatakan... Reply Comment

ayo rajin menabung untuk masa tua kita nanti ;) menabung memang sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini

powerbank mengatakan... Reply Comment

ayo manfaat kan masa muda dengan bijak :D

obat herbal bopeng di wajah mengatakan... Reply Comment

postingan yang menarik

Rijal ludin mengatakan... Reply Comment

saya bukan kerja paruh waktu lagi, tapi kerja full hehehehehehe, sisanya saya lakukan buat study. masalah menabung, jujur sampai sekarang saya belum bisa, tapi saya akan terus berusaha menyisihkan sebagian pendapatan saya untuk dana pensiun saya nanti. :)

Minda Ema mengatakan... Reply Comment

Membership fee takes in the form of a monthly fee worth $9.99. This enrollment fee includes optional upgrade extras. These extras will allow you to produce more through Cash Unite's extended levels of connection.

http://checkbinary.com/

zalinah aruf mengatakan... Reply Comment

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

mirzaamail6 mengatakan... Reply Comment

Since they are trying to lose up fat. You need to take multi-vitamins to replenish the natural vitamins you've missing in your day-to-day diet plan and workout schedule. .
c4preworkoutgreat
gaingymjunkies
myfitnessrevealed
preworkoutmuscle
stayfitsports

amyfarr mengatakan... Reply Comment

Getting stronger needs you to rev up your metabolic rate so that you regularly burn up fat- for 24 hours. Again, a excellent diet plan pill does that.

http://intensetraningsupp.com/
http://musclesupplementsrev.com/
http://myworkoutsupp.com/
http://preworkoutfacts.com/
http://supplementreviewsabt.com/

Posting Komentar