Perubahan Iklim Dini Tell More: Perubahan Iklim

Jumat, 21 Januari 2011

Perubahan Iklim

Bumi ini telah ada sejak ribuan tahun lalu.Bumi diciptakan dengan berbagai jenis isi didalamnya serta benda- benda langit disekelilingnya (tata surya). Bumi terbagi atas beberapa bagian,setiap bagian memiliki iklimnya masing-masing. Apa itu iklim? Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca dalam waktu yang panjang.Iklim dibumi sangat dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi.
Bertahun-tahun,berabad-abad terjadi banyak perubahan pada permukaan bumi maupun isinya.salah satunya adalah perubahan iklim.Mengapa itu dapat terjadi ? tidak lain dan tidak bukan karena ulah manusia sendiri.

Tanpa kita sadari sebelas dari dua belas tahun terakhir ini merupakan tahun-tahun terhangat dalam temperatur permukaan bumi.Hal itu dikarenakan meningkatnya pemanasan . Bila pemanasan di muka bumi ini terus meningkat ,maka bumi yang kita cintai ini akan terancam.Peningkatan ini disebabkan oleh banyaknya karbondioksida terlepas ke atmosfer sehingga lapisan ozon semakin menipis.
Setiap hari kita dapat merasakan panas yang berlebih tidak seperti biasanya di Indonesia,itu adalah salah satu akibat pemanasan yang meningkat saat ini.Cuacapun tak menentu dan tak merata diberbagai daerah.Kemajuan dalam bidang tekhnologi salah satu penyebabnya.Semakin pesat perkembangan tekhnologi,dunia ini semakin terancam.Hewan-hewan beserta tumbuh-tumbuhan pun ikut merasakannya,dengan berkurangnya populasi mereka di bumi.Bukan hanya itu akibat pemanasan global ini tudung es dikutub mencair akibatnya suhu lautan meningkat dan kekeringan berkepanjangan.

Bencana alam yang hebat terjadi terus menerus terjadi diberbagai belahan dunia,terutama daerah pesisir pantai dan daerah kepulauan.Penyakit menular bahkan penyakit yang berbahaya pun menyerang masyarakat dunia.Semua terjadi karena ulah menusia sendiri dan akhirnya seperti ini.Manusia terus menerus menggunakan bahan bakar dari fosil secara berlebihan,padahal bahan bakar seperti minyak tanah sudah langka.

Memang sifat manusia yang tak pernah puas akan apapun,untuk mendapatkan keuntungan yang besar pabrik-pabrik banyak menyebabkan polusi yang berbahaya ada pula yang membuang limbah pabriknya pada sumber kehidupan masyarakat.Beberapa manusia tidak memikirkan akibat,bahkan kadang sesama manusia yang menjadi korban.Pantas kalau semua ini terjadi bila manusia tidak bisa mengerti alam. Dari segi agama pun kita dilarang untuk berlebihan,serta melakukan sesuatu yang dapat merugikan makhluk hidup lainnya.Tuhan Yang Maha Esa menyuruh kita untuk memanfaatkan alam sesuai kebutuhan serta tidak merusaknya.Alam akan memberikan manfaat-manfaatnya bila kita bersahabat dengan mereka.

Akhir-akhir ini banyak bencana yang terjadi di Indonesia,banjir Wasior,meletusnya gunung merapi dan menyemburnya lahar dingin yang menyebabkan banyak korban.Harga-harga bahan makanan pokok naik karena ladang-ladang petani dilanda debu vulkanik tersebut.Harga-harga naik karena hasil produksi sangat berkurang walaupun hasil pertanian kualitasnya juga berkurang.Naiknya harga-harga tersebut menyebabkan harga-harga barang lain juga ikut naik.Ingatkah kalian saat kenaikan BBM beberapa tahun lalu? Ya,pada saat itu bukan hanya bahan bakar minyak saja yang ikut naik tapi juga barang-barang pasar lain juga ikut naik.Begitu pula saat ini,pedagang-pedagang ikut menaikkan harga dagangannya dikarenakan bencana melanda.Ini berakibat pada perekonomian masayarakat.Masyarakat mesti mengubah pola hidupnya untuk berhemat.Dari segi pola makan,serta pengeluaran-pengeluaran lainya.

Selain itu dapat juga dirasakan masalah listrik dirumah. Kenapa? Yah beberapa minggu terakhir ini listrik-listrik dibeberapa daerah sering padam,bukan padam biasa tapi padam yang lama yang membuat semua orang sulit beraktifitas.Apalagi masyarakat yang mata pencariannya berhubungan dengan listrik,mereka terpaksa menunda usahanya tersebut karena listrik padam.Contohnya warung internet (warnet),rental playstasion,cuci cetak foto,bahkan siswa siswa yang sedang mengerjakan tugas pun bisa terhambat.Wah bisa gawat ! penghasilan menurun dan pengeluaran meningkat :O ,ya pengeluaran meningkat akibat semua barang naik harga.

Barang-barang elektronik bisa rusak akibat seringnya pemadaman listrik,barang-barang elektronik bisa cepat rusak bila sering nya hidup mati secara tiba-tiba.Kalau begitu wiraswastawan bisa bangkrut kalau harus menservis atau mengganti barangnya dengan yang baru,barang-barang elektronik itu mahal !
Komunikasipun bisa terhambat,akibat hancurnya tiang-tiang listrik serta menara-menara sinyal handphone.Komunikasi masyarakat maupun pebisnis bisa juga terhambat karena baterai handphone nya habis ,karena tidak bisa mengisi baterainya karena seringngnya pemadaman listrik.
Beralih ke akibat perubahan iklim lainnya.Bagaimana menurut anda masyarakat-masyarakat yang melaksanakan kegiatan outdoor ? . ya,kalau cuaca tak menentu akibatnya banyak rencana yang bisa dibatalkan.

Tak menjadi masalah untuk orang-orang berada,nah kalau buat yang orang-orang yang menengah kebawah bagaimana? Contohnya masyarakat yang merayakan resepsi pernikahanya diluar rumah,wah kalu hujan tiba-tiba turun bagaimana jadinya? Walaupun menggunakan tenda-tenda serta pelindung lainnya,hujan tetaplah hujan.Bagaimana nasib tamu-tamu yang akan hadir? Bagaimana kondisi tanah lapangan yang digunakan? .Acara akan terus berlangsung karena semua telah dipersiapkan,tapi sangat-sangat tidak sempurna,bahkan buruk.Ketidaksempurnaan itu berakibat kepada pihak tuan rumah yang menaggung malu , waduh :O .

Sekarang masalah para siswa-siswi,bagaimana dengan para murid yang bersekolah jauh dari rumahnya?bagaimana jika mereka tidak mempunyai kendaraan?tentunya mereka akan kesulitan menuju sekolah bila hujan lebat turun tiba-tiba.Apalagi kalau jam masuk sekolah mereka sangat pagi,serta peraturan sekolah yang ketat.
Yaa,semua yang terjadi ini merugikan masyarakat.Tapi di sisi lain bencana ini menguntungkan bagi beberapa masyarakat.Mengapa menguntungkan? Karena bencana bisa menjadi peluang yang besar.Bagi beberapa pedagang itu sangat menguntungkan.Misalnya pedagang jas hujan serta perlengkapan hujan lainnya,pedagang makanan juga.Rumah makan biasanya telah dipesan oleh panitia posko korban bencana alam untuk ratusan korban,tentu ini menguntungkan mereka.Toko bangunan? Ya,pemerintah memesan bahan bangunan dalam jumlah yang banyak kepada mereka untuk membangun rumah-rumah pinjaman bagi korban.
Bencana juga bisa jadi ladang amal buat kita yang memiliki rezeki yang lebih.Kita dapat menyumbangkan sebagian harta kita untuk mereka yang membutuhkan.Bisa menjadi ladang amal kalu kita ikhlas :D

Semua ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua,agar kita bisa lebih menjaga lingkungan kita dengan baik,memanfaatkan apa yang ada dengan sebaik mungkin.Sebisa mungkin kita tidak merusak lingkungan.Banyak kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menjaga bumi kita ini.
Akibat dari perubahan iklim sangat banyak dan sangat mungkin terjadi diberbagai bidang kehidupan.Tak terbayangkan oleh kita apa yang akan terjadi lagi dimasa yang akan datang.

3 komentar:

showcheap mengatakan... Reply Comment

nice artikel...................

nans mengatakan... Reply Comment

Go green...n..sukses dengan lombanya.... :)

gps mengatakan... Reply Comment

Kunjungan malam untuk mu..

Posting Komentar